indonesia

Kamis, 19 Maret 2009

DARI COKELAT UNTUK PEMILU

JAKARTA - Grup band Cokelat mengukir sejarah. Sebagai bukti nasionalisme yang tinggi, band beranggota Kikan (vokal), Ernest (gitar), Ervin (drum), Erwin (gitar), dan Ronny (bas) itu merilis lagu untuk Pemilu 2009.Tujuan utama dirilisnya lagu 5 Menit untuk 5 Tahun itu adalah mengimbau agar semua pihak tidak golput. Dia meminta agar semua yang berhak menggunakan hak pilihnya.Menurut Ronny, banyak remaja sekarang yang skeptis alias acuh tak acuh terhadap pemilu. Itu tidak boleh dibiarkan. “Dan yang paling menyedihkan adalah orang di Indonesia lebih perhatian pada pemilihan presiden di negara yang jauh itu. Yang cuma dua orang calon presidennya, yang salah satunya katanya anak Menteng (Obama, red),” sindirnya saat rilis album di Komisi Pemilihan Umum (KPU), kemarin (18/3).Gaya permainan Cokelat yang sangat ngeband tidak ditinggalkan, meski lagu tersebut untuk negara. Meski begitu, menurut Erwin, lagu itu sudah disesuaikan agar tidak cenderung pada kelompok atau aliran musik tertentu. “Kami ada pengalaman merilis album Untukmu Indonesiaku,” jelas Erwin, sang pencipta lagu.

Lagu tersebut juga diklaim KPU sebagai tema lagu pemilu pertama sepanjang sejarah Indonesia. Lagu itu dikerjakan dalam tempo dua bulan, diberikan kepada KPU, lalu disetujui.
Ketua KPU Abdul Hafiz Anshary tampak sumringah saat peluncuran lagu bertema pemilu itu. Dia menyatakan sangat mengapresiasi lagu yang dibuat Cokelat tersebut. “Ini yang pertama pemilu ada lagu dari anak muda. Mudah-mudahan pesan ini bisa diterima anak muda agar ikut berpartisipasi dalam pemilu,” harapnya.
Lagu tersebut dirilis secara single alias tanpa album. Hanya diperjualbelikan dalam bentuk digital. Meski demikian, lagu pemilu itu akan dibuat klip video serta diputar di sejumlah radio dalam waktu dekat.

Tidak ada komentar: